About New Media
Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara
umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari
sumber informasi kepada penerima informasi.
Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu
yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya
tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi
media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena
saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan
bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang
muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten
kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik
pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar
konten media. Lain janji penting dari media baru adalah
"demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi
konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten
tidak diatur.
Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media
baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi,
melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Beberapa contoh mungkin
internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru
tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi
berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas
digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan
internet diakses teks digital, gambar. dan video dengan web-link, partisipasi
kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas
peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook
adalah contoh dari model media sosial, di mana sebagian besar pengguna juga
peserta.
Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal
mulai tumbuh lebih kuat. Itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan
kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu,
daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada
akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan
berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer.
Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan
desain Web berlangsung tepat saat yang sama ".
Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada
model cetak dan siaran analog, seperti televisi dan radio. Dua puluh lima tahun
terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada
penggunaan teknologi digital, seperti game internet dan video. Namun,
contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer
digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya
televisi digital dan publikasi online. Bahkan bentuk media tradisional seperti
mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti perangkat lunak
manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.
I.
Definisi
Meskipun
ada beberapa cara yang New Media dapat dijelaskan, Lev Manovich, dalam
pengantar Reader New Media, mendefinisikan New Media dengan menggunakan delapan
proposisi:
1.
Media baru versus cyberculture - cyberculture adalah
fenomena sosial yang beragam yang berkaitan dengan internet dan jaringan
komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media lebih
berkaitan dengan benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi
analog, iPhone).
2.
New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai
Platform Distribusi - New Media adalah obyek
budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan
pameran. misalnya (Setidaknya untuk sekarang) Internet, situs Web, multimedia
komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus
direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru" tidak akan
"baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan
melalui komputer.
3.
New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa,
pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital
dan pengiriman berbasis komputer melakukan berbagi sejumlah kualitas umum.
Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh
perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat
beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai
data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma
tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-scaling,
mengasah, rasterizing, dll.
4.
New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan
Konvensi Perangkat Lunak - "New Media hari ini
dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk
representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi
data, akses, dan manipulasi The. "tua" Data adalah representasi dari
realitas visual dan pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data
numerik komputer ini terus keluar dari kunci "kreatif" keputusan, dan
didelegasikan kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat
lunak yang digunakan di beberapa daerah produksi, pada orang lain dibuat
menggunakan animasi komputer.
5.
New Media sebagai Estetika yang Menemani Tahap Awal Setiap
Media modern dan Teknologi Komunikasi Baru
- "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih
teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali ...
Agar pendekatan ini menjadi benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk
hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka,
melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang
berkorelasi sejarah teknologi dengan sejarah sosial, politik, dan ekonomis atau
periode modern. "
6.
New Media sebagai Eksekusi Cepat Algoritma Sebelumnya secara
manual atau melalui Teknologi Lain -
Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. misalnya
kalkulator. "Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat teknik
representasi yang mungkin sebelumnya tidak ada." Hal ini juga memungkinkan
bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan video.
"Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator
cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya:. Bahwa dari alat kontrol
sibernetik"
7.
New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernisme, New
Media sebagai NUSANTARA - Manovich menyatakan
bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya.
Meta-media bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja
ulang lama daripada membuat pekerjaan baru. Media baru avant-garde "adalah
tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi"
(hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah
contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam
teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis
menjadi estetika postmodern sangat berbeda."
8.
New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di
Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern - Post WWII Art atau "kombinatorik" melibatkan
menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini
mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial.
"Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru,
tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dilaksanakan oleh manusia."
II.
PANDANGAN NEW MEDIA
Saya
sebagai pengguna new media, mengambil kesimpulan bahwa new media merupakan
media yang dapat meningkatkan interaksi sosial antar manusia contohnya melalui
beberapa jejaring sosial namun tetap sesuai kaidah dan norma kesopan santunan
dalam menggunakan jejaring sosial
tersebut. Media baru yang sangat lumrah di kalangan masyarakat saat ini adalah
Handphone (telepon seluler) atau bahkan Smartphone.
Bagi
sebagian besar masyarakat, telepon seluler sudah dimasukkan kedalam daftar
kebutuhan yang harus dipenuhi. Bagaimana tidak, telepon seluler merupakan media
informasi yang sangat canggih. Tidak hanya dapat mengirim pesan singkat atau
menelpon saja, banyak perangkat seluler yang sudah menerapkan beberapa fitur
lebih diantaranya MobileWeb atau Browser yang tentu saja menghubungkan manusia
(user) ke dunia informasi yang lebih luas.
Selain
telepon seluler, Blog juga termasuk New Media yang cukup berarti dalam hidup
saya. Blog merupakan sarana mengutarakan ide-ide atau berbagi informasi berupa
tulisan elektronik yang dapat di baca oleh semua pengguna Internet.
III.
MANFAAT NEW MEDIA
Seperti
penjelasan saya di atas, New Media sangatlah bermanfaat bagi hidup kita.
Melalui new media, kita bisa mendapatkan banyak informasi.
New
media tidak mengenal jarak user yang satu dengan user yang lainnya, dalam
pengrtian bahwa New Media dapat Mendekatkan orang yang saling berjauhan melalui
informasi yang mereka lontarkan melalui jejaring sosial dan sebagainya. Dapat
membantu kita dalam berkomunikasi dengan cepat.
IV.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen
New Media antara lain : Handphone, Smartphone, komputer dll. Telepon seluler
merupakan New Media yang paling modern sebab mempunyai bobot yang cukup praktis
namun memiliki fungsi yang sangat besar. Smartphone tentu saja dapat mengakses
internet tanpa perlu menenteng laptop.
V.
APLIKASI
NEW MEDIA
Berikut ini
beberapa contoh aplikasi new media.
·
Facebook
Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu
komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook (atau
facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan
pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc.
Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna
lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika
mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup
pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja,
sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan
kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di
AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook
memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar
di situs ini.
·
Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan
oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut,
Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April
2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan
(tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar,
namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka
saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
pengikut.
·
Blog
merupakan
suatu aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan yang di publish pada sebuah
halaman umum. Biasanya blog berisikan konten-konten seperti teks, gambar,
video, ataupun link. Isi dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang
tertentu yang menjadikan isi blog khas.
·
Smilebox
merupakan
suatau layanan ataupun aplikasi yang sangat unik yang dapat digunakan untuk
membuat scrapbook, egreetings, maupun slide show menggunakan foto-foto yang
kita miliki. Layanan ini memberikan keleluasaan dalam berkreativitas dengan
foto-foto atau video yang kita miliki.
Sekian sekilas rentetan tentang New Media. Dari definisi,
pandangan, manfaat, komponen-komponen dan aplikasi new media. Semoga bermanfaat
bagi pembacanya. :D
Referensi
:
0 comments:
Post a Comment