Powered by Blogger.
RSS

Ilmu Budaya Dasar dalam kehidupan sehari-hair


ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang menyangkut tentang nilai-nilai kebudayaan yang sangat mendasar dimana terdapat berbagai aspek yang ada dalam lingkup budaya itu sendiri, seperti dalam kehidupan sehari-hari, di masyarakat, bersosialisasi, maupun dalam suatu negara. Budaya muncul karena adanya sebuah perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

          Kebudayaan bersifat abstrak dalam kehidupan sehari-hari, karena kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan pernyataan intelektual serta artistiklah yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

          Penerapan ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari seperti mengantri tiket kereta di loket, hal seperti itu memang sebagian orang menganggap remeh, tapi hal itu dapat kita jadikan sebagai budaya dasar dalam diri kita masing-masing, dimana hak satu sama lain terjaga, seperti contoh saat kita datang terlebih dahulu, maka kita akan mendapatkan kewajiban kita lebih dahulu daripada orang lain yang datang setelah kita, itulah dimana budaya saling mengatur diri sendiri untuk tidak mengambil hak orang lain.

Dalam penerapan Ilmu ini faktor pendukungnya antara lain adalah agama atau kepercayaan kita terhadat Tuhan. Dimana dalam agama itu sendiri sudah pasti diajarkan bagaimana kita harus menjaga kesabaran kita terhadap segala kondisi yang kita hadapi, agar apa yang didapat sesuai dengan apa yang kita harapkan dalam kehidupan yang kita jalani.

Inti dari ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sejauh apa ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam berhadapan dengan suatu kondisi. Bila kita sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akan dapat membawa diri apapun kondisinya.

Referensi :
                

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Unknown said...

Terimakasiih.. ini sangat membantu..

Post a Comment