Powered by Blogger.
RSS

Teknik Informatika Dan Ilmu Budaya Dasar


Teknik Informatika Dan Ilmu Budaya Dasar

( Peran Teknik Informatika dalam Budaya Surat Menyurat )

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

Adapun budaya itu sendiri merupakan keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan pernyataan intelektual serta artistiklah yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Seperti contoh budaya surat menyurat, sekarang ini surat menyurat memakai kertas dan di tulis dengan tangan sudah mulai berkurang dikalangan masyarakat luas, mungkin kini seluruh dunia sudah mulai meninggalkan kebiasaan menggunakan surat menyurat melalui jasa pos, atau sedikit banyak ada yang masih setia menggunakannya.

Budaya surat menyurat memang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan bersosialisasi antar manusia, berinteraksi satu sama lain dengan kerabat yang jauh, atau sekedar memberikan informasi formal maupun tidak formal, itu semua kini dapat kita dapatkan dengan mudah dengan adanya teknologi yang dikembangkan oleh teknik informatika. Sebagai contoh sekarang kita lihat adanya email atau electronic mail.

          Budaya surat menyurat menggunakan email yang digunakan dengan  adanya internet ini sudah menjadi kebiasaan rutin dibanyak kalangan dan lapisan masyarakat diseluruh dunia. Budaya surat menyurat menggunakan burung, kertas, atau botol sedikit demi sedikit mulai di tinggalkan karena adanya teknologi yang lebih canggih ini. Banyak orang lebih memilih dengan kebiasaan yang lebih efisien ini, karena lebih efisien dan tepat waktu dibanding dengan surat menyurat dengan cara lama.

          Teknik Informatika dapat mengembangkan lebih baik lagi dalam surat menyurat ini, yaitu seperti pengiriman data penting yang lebih aman, dapat melakukan interaksi antar muka agar bisa melihat satu sama lain, atau hanya sekedar chatting. Di jaman sekarang duduk didepan sebuah perangkat komputer atau laptop adalah sebuah kebiasaan yang bisa dilihat atau bisa dibilang sudah menjadi budaya. Namun tidak lepas dari pengolahan dan pencarian informasi dari sumber manapun.

Inti dari teknik informatika dalam ilmu budaya dasar, yaitu sejauh apa teknik informatika dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam berbudaya.


Referensi :

 

         

 

 

         

 

          

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment