Powered by Blogger.
RSS

Pengantar Teknologi Game

Pada pertemuan  kali ini, saya akan menjawab pertanyaan yang merupakan tugas kedua dari mata kuliah Softskill. terdapat 3 pertanyaan, yaitu sebagai berikut :

1.       Apa yang dimaksud dengan Shading?
  • Bayangan (shading) adalah bidang yang terbentuk akibat hilangnya sebuah sinar oleh objek yang tidak bisa ditembus oleh sinar tersebut.
  • Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi  permukaan menggunakan model illuminasi.
  • Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.


2. Apa yang di maksud dengan :

a)      Diffuse

  • Diffuse adalah menyebarkan cahaya yang datang dari sumber kecil tersebut sehingga meluas atau cahaya yang keluar tidak keras.
  • Diffuse di gunakan untuk menghalangi area tertentu dari arah cahaya flash dan membelokkannya ke tempat lain. Ini mengurangi kekuatan flash yang kita gunakan tersebut.
  • Umumnya tersedia diffuser khusus untuk flash tertentu mengingat head flash berbeda-beda. Dapat juga kita membuat sendiri diffuser untuk flash kita menggunakan bermacam-macam alat.

b)      Ambient

  • Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang.

c)       Specular

  • Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut. 

3.       -  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Mapping?

Mapping merupakan teknik untuk menambahkan detail ke permukaan dengan gambar. Beberapa tipe  mapping diantaranya:

P              -Planar
-               -Cylindrical
S              -pherical
-               -Box (Cube)


Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis mapping!

Mapping dibagi menjadi 2 janis yaitu texture mapping dan coordinat mapping.
Jenis – jenis Mapping :
1.      Texture map  : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons. Texture map terdiri dari :

-          bitmap : memilih file gambar image
-          checker : pola papan catur
-          marble : tekstur berupa marmer
-          gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
-          water : menampilkan efek air
-          wood : menampilkan tekstur kayu

2.      Mapping Coordinate :

-          offset : menggeser posisi bitmap pada material
-          tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
-          mirror : mencerminkan bitmap pada material
-          tile : pengkotakkan material
-          angle : perputaran material pada objek
-          uv/vw/wv : orientasi mapping

-          blur : memberikan efek kabur 


4.      Jelaskan perbedaan game online dan game offline!
- Game Online 
Di game online kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya. Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biayan untuk pemnbuatan member, kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya. Sedangkan untuk games yang tidak gratis, kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut. Pada games on line kita pasti memiliki sebuah id character yang harus kita jaga agar id character kita dapat “diperhitungkan “ di dunia maya.


Banyak sekali jumlah game online yang dapat dimainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan. Contohnya ada catur online yang disediain Yahoo! dan juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, bahkan game startegi seperti Rise of Nations keluaran Microsoft dan Big Huge yang dapat dimainkan. 
- Game Offline 
Game Offline merupakan permainan tanpa menggunakan LAN (Local Areal Network) jadi game offline itu tidak dapat melakukan LAN dan juga tidak bisa berinteraksi dengan orang lain secarauniversal. Perbedaan mencolok lagi bahwa game offline tidak sama seperti game online yaitu harus mendownload dari server penyediaanya tetapi game offline ini kita harus membeli langsung ke toko game yang dimana akan menjadi tambahan profit bagi pembuat game tersebut.

5.    Software apa saja yang digunakan programmer dalam membuat game? 
-Strawberry Prolog
-Unity
-Blender
-3D Game Studio

Sumber :  
http://sumarna.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31666/3.+Bayangan.ppt
http://fantasygrafis.blogspot.com/2010/11/bouncediffuse.html
http://peyangfl.blogspot.com/
http://ribunni.wordpress.com/2013/05/10/pengantar-teknologi-game-tugas-2/#more-840
http://adenugroho.blogspot.com/2010/02/game-minggu-ke-2.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment